QRCode "Quick Response" Lebih dari Sekedar Barcode

 QRGen, Aplikasi Untuk Membuat Quick Response (QR) Image

Tahukah Anda dengan QRCode? QRCode atau biasa dikenal dengan istilah Indonesianya sebagai Kode QR, merupakan jenis matriks code atau barcode dua dimensi yang tampak seperti gambar berbentuk persegi empat 8 bit dengan pola khas mirip bercak tinta yang tumpah dan bubuhan 3 (tiga) kotak dari 4 (empat) sudut yang ada. Dengan kata lain, QRCode ini juga bisa dibilang sebagai bentuk evolusi sistem pengkodean batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi yang dikembangkan pertama kali oleh Denso Wave (Denso Corporation) dan dipublikasikan di tahun 1994 yang lalu.

QRGen, Aplikasi Untuk Membuat Quick Response (QR) Image
Walaupun bentuk ukurannya boleh dibilang lebih kecil (se-per-sepuluh) dari barcode pada umumnya tapi QRCode memiliki kapasitas tinggi dengan respon yang cepat terhadap semua jenis data baik itu secara horizontal maupun vertikal. Dengan kehandalan seperti itu, QRCode sendiri mampu menampung data numerik hingga 7089 karakter, data alphabetis hingga 4296 karakter, data kode biner hingga 2844 byte dan masih banyak lagi lainnya.

QRGen, Aplikasi Untuk Membuat Quick Response (QR) Image

Berbagai informasi penting yang dibutuhkan seperti alamat dan URL, koordinat Google Map, nomer telepon, teks, sms dan lain-lain pun, kabarnya dapat ditampung hanya dalam sebuah QRCode saja. Sedangkan dalam penerapannya sendiri boleh dibilang sangat fleksibel dan praktis, karena hanya dengan menggunakan ponsel berkamera yang terdapat aplikasi QRCode scanner di dalamnya saja, Anda sudah bisa menggunakan QRCode ini sebagai acuan pengkodean pribadi Anda.
Keberadaan QRCode ini telah mendapatkan pengakuan yang luas dari berbagai negara di seluruh dunia. Dan berkat kefleksibelan dan respon cepat dalam penggunaannya, menjadikan QRCode banyak dipakai di segala bidang. Sebagai eksistensi di dunia, kini QRCOde dengan sistem scanning-nya telah menyandang pengakuan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510.
Berbeda dengan awal kehadirannya yang hanya dipakai sebagai pendata sparepart kendaraan saja, penggunaan QRCode kini semakin banyak dan meluas ke segala bidang kehidupan. Di Indonesia sendiri, penggunaan QRCode pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan surat kabar KOMPAS beberapa tahun yang lalu untuk memudahkan para pembacanya dalam mengakses berita melalui ponselnya sehingga bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar yang bersangkutan.

QRGen, Aplikasi Untuk Membuat Quick Response (QR) Image

Sistem pembacaan QRCode ini ternyata dapat dilakukan melalui segala arah dengan hasil yang sama sehingga meminimalisir kesalahan baca sebesar 30% akibat salah posisi QRCode. Sebagai contoh, meskipun sebagian simbol QRCode dalam keadaan kotor ataupun rusak sekalipun, namun data yang terkandung di dalamnya kabarnya masih tetap dapat disimpan dan dibaca.
Untuk menghasilkan suatu gambar atau simbol QRCode, data atau informasi dapat di-encode terlebih dulu dengan menggunakan aplikasi QRCode generator yang berbasis web maupun desktop. Bagi Anda yang berhasrat membuat QRCode dapat mempergunakan aplikasi QRCode generator yang tersedia. Dari sekian banyak aplikasi QRCode sejenis yang beredar, aplikasi QRGen v 0.1.1 kiranya bisa Anda jadikan alternatif pilihannya. Selain memiliki kemampuan yang baik dengan kemudahan pengoperasian di dalamnya, aplikasi bersatus freeware ini juga dapat Anda gunakan secara cuma-cuma alias gratis.
File installernya pun hanya berukuran 427KB saja. Dan hebatnya lagi, aplikasi sederhana ini dapat dijalankan pada semua sistem operasi Windows yang ada.

QRGen, Aplikasi Untuk Membuat Quick Response (QR) Image

QRGen adalah aplikasi gratis dan sederhana yang memungkinkan Anda untuk membentuk kode QR kreasi Anda sendiri dan menyimpannya dalam bentuk gambar atau simbol tertentu. Dalam hal ini, pengguna dapat menyandikan pesan hingga 2000 karakter.

QRGen, Aplikasi Untuk Membuat Quick Response (QR) Image

Cara penggunaannya cukup mudah, pengguna tinggal mengetikkan URL yang dimaksud. Lalu pengguna diminta menentukan tingkat koreksi ukuran dan kesalahan, serta lokasi penyimpanan dan hasil kode QR dalam jenis gambar yang telah disediakan yaitu GIF, PNG, JPG ataukah BMP. Dan setelah semua selesai ditentukan, barulah pengguna dapat menekan tombol “Generate” untuk melanjutkan proses pembentukkan simbol QR yang diinginkannya.
Password : Maniac Dunia IT
Download QRGen
Aplikasi QRGen menggunakan Google Chart API. Selain itu, dukungan tipe pengkodean aplikasi ini pun saat ini hanya bisa berasal dari URL saja.


Read more: Blog Fast n Cheap

3comments:

Budayakan Komentar dan Dilarang Spam, Blog Maniac Dunia IT sudah menggunakan sistem "Dofollow" jadi anda dapat berkomentaar dengan acount yang di sertai alamat website anda maka anda akan mendapatkan backlink dari Maniac Dunia IT, Silahkan anda meng Copy paste Artikel di Maniac Dunia IT agar bermanfaat bagi sesama, Jangan lupa sertakan sumber yang valid :http://win7maniac.blogspot.com/: