Folder Prefetch Windows 7


Salam Maniac Dunia IT, Tadi saya barusan dapat pesanan dari teman utuk memperbaiki Notebook TOSHIBAnya yang di rasa sangat LEMOT/Lambat..paadahal saya rasa Notebook ini memiliki Spesifikasi di atas rata rata yang bisa di katakan High End karan mamiliki Windows Expierience Index sampai pada angka 5.5 karna sudah menggunakan Nvidia Gefoce GT-525M. Namun saat booting Windows kenapa bisa selama ini hingga 10 Menit baru terbuka.. dan ternyata setelah saya telusur demi telusur penyebabnya adalah



CCleaner, yang jika orang awam menggunakannya dapat menimbukan masalah seperti ini. karna di dalam Advance option pada CCleaner terdapat Menu untuk menghapus Folder Prefetch pada Windows 7 tepatnya folder ini terletak dalam C:\Windows\prefetch (Pada 64Bit dan 32 Bit Sama) dan jika ada rumor untuk cara memper cepat booting dengan cara menghapus folder tersebut. itu semua hanya omong kosong yang ada malah tambah LOLA komputer anda karena Folder prefetch berisi file-file .pf yang merupakan trace files. Trace files ini mencatat, pas booting atau start aplikasi, file2 apa saja yang dibutuhkan, dan bagian mana saja dari file tersebut yang perlu di-load ke memory.

  Loading hanya terjadi saat booting atau aplikasi di start. Dan yang di-load hanya file2 yang dibutuhkan oleh booting atau aplikasi tersebut; file2 yang dibutuhkan aplikasi2 lain tapi tidak dibutuhkan oleh aplikasi yang sedang start tidak akan di-load.


Prefetch folder memiliki maksimum 128 trace file. Secara otomatis Windows akan menghapus trace file paling tua jika sudah tidak dibutuhkan. Fungsi dari file Prefetch ialah membuat program Anda berjalan lebih cepat ketika Anda membukanya. Dengan sudah adanya file Prefetch, ini berarti Windows tidak lagi membutuhkan sebuah referensi untuk program agar dapat muncul. dan jika terlanjur terhapus, jangan khawatir. anda hanya perlu membuat file ini ulang dengan cara menjalankan berbagai aplikasi dan bersabar lalu restart dan ulangi beberapa kali. hingga di rasa sudah cukup cepat dan jangan ulangi lagi untuk menghapus folder tersebut.
Salam Maniac Dunia IT

9comments:

  1. Kasusnya sama seperti laptop saya. Padahal processor I5 tapi bootingnya sangat lama. Mungkin karena folder prefetch sudah dibersihkan oleh advanced system care. Berhubung ada masalah lainnya jadi saya ambil kesimpulan dormat ulang aja supaya jadi seperti baru lagi, hehehe.

    Salam kenal dari www.fmpunya.blogspot.com, di tunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya mengenai prefetch dengan begini kita jadi tahu bahwa menghapus file di prefetch justru akan membuat loading di komputer menjadi berat :)

    BalasHapus

Budayakan Komentar dan Dilarang Spam, Blog Maniac Dunia IT sudah menggunakan sistem "Dofollow" jadi anda dapat berkomentaar dengan acount yang di sertai alamat website anda maka anda akan mendapatkan backlink dari Maniac Dunia IT, Silahkan anda meng Copy paste Artikel di Maniac Dunia IT agar bermanfaat bagi sesama, Jangan lupa sertakan sumber yang valid :http://win7maniac.blogspot.com/: